Online Tools

Membangun blog pribadi seperti seperti membangun sebuah perusahaan.

Bila kamu memperlakukan blog pribadimu seperti bisnis, maka blogmu akan berubah menjadi bisnis.

Demikian sebaliknya bila kamu hanya memperlakukannya sebagai hobi, maka blogmu juga akan sekedar menjadi hobi.

Untuk membangun blog ini saya menggunakan tools yang memang sudah saya test sebelumnya, dan inilah beberapa tools terbaik menurut saya, yang saya gunakan untuk membangun blog ini.

Hosting

Untuk menyimpan seluruh file blog ini, saya menggunakan hosting service dari Digital Ocean. Ada beberapa pilihan harga berdasarkan kapasitas penyimpanan dan kecepatan memori, namun $5-$10 per bulan saya rasa sudah cukup.

Oh ya, Digital Ocean penggunaannya tidak semudah shared hosting biasa, karena perlu pengetahuan teknis untuk mengkonfigurasi website kamu.

Bila kamu perlu bantuan mengenai konfigurasi di Digital Ocean, kamu dapat kontak saya.

Atau jika kamu ingin menggunakan hosting lokal yang berkualitas dan mudah digunakan, saya sarankan kamu beli di Niagahoster.

Domain

Untuk mendapatkan nama domain, saya biasanya menggunakan Namecheap. Memang sih beberapa provider seperti GoDaddy memberikan harga yang lebih murah, namun saya sudah terbiasa menggunakan Namecheap, bahkan hampir semua saya beli di Namecheap.

Jika kamu ingin support lokal yang oke, silakan beli domain di Niagahoster.

Oh ya, biasanya Niagahoster juga memberikan harga miring untuk paket bundle hosting + domain, so silakan cek segera.

Themes

Themes yang paling saya sukai saat ini adalah GeneratePress.

Theme ini customizable, artinya bisa di-custom seperti apapun, dan juga minim coding sehingga sangat memudahkan bagi para pebisnis MLM untuk memulai cara pemasaran dengan menggunakan website atau blogging.

Saya sangat rekomendasikan themes ini, terutama yang premium. It’s absolutely amazing!

Keyword Research

Setiap pembuatan artikel blog, kamu harus melakukan research keyword. Keyword apa yang akan kamu fokuskan pada artikel tersebut, agar nanti hasil pencarian di Google menjadi maksimal.

Proses research keyword dapat kamu lakukan dengan menggunakan Google Analytics. Tool ini disediakan oleh Google, dan dapat kamu akses gratis.

Namun beberapa hal tidak bisa kamu dapatkan di Google Analytics, seperti kompetisi keyword, jumlah pencarian per bulan, dan lain sebagainya.

Untuk memaksimalkan proses research keyword saya menggunakan KWFinder, tools yang menurut saya paling mudah digunakan dan tentunya budget friendly.

Auto Responder

Untuk Email Marketing, saya menggunakan auto responder Kirim Email.

Kirim Email sangat simpel, banyak fasilitasnya dan mudah banget digunakan, saya pribadi sangat recommend tools ini untuk kamu gunakan.

Copy link
Powered by Social Snap